Gaya Hidup

Punya Kebiasaan Begadang Ternyata Bisa Memperpendek Umur

Pola tidur setiap orang berbeda-beda. Pola tidur ini dipengaruhi oleh jam biologis yang mengatur orang terjaga atau tertidur dalam waktu 24 jam. Pola ini dapat terganggu apabila seseorang terjaga atau begadang dalam waktu yang lama dan terus-menerus.

Setiap orang menganggap begadang hal yang umum. Ketika kita punya pekerjaan yang harus selesai esoknya, maka kebanyakan dari kita akan memilih lembur dan begadang. Namun, kamu perlu berhati-hati karena begadang memiliki efek buruk di kemudian hari.

Nah, tahukah kamu bahwa bahwa begadang bisa memperpendek umur?

Sebuah riset yang dilakukan oleh ahli dari Inggris dan Italia menunjukkan bahwa orang yang waktu tidurnya kurang dari enam jam, cenderung berisiko mengalami kematian dini sebesar 12 persen. Selain itu, berdasarkan riset yang sama, orang yang mengurangi waktu tidurnya dari 7 jam menjadi 5 jam memiliki risiko kematian 1,7 kali lebih cepat.

Mengapa bisa begitu? Ternyata setelah diteliti, tidur kurang dari 5 jam dapat mempersempit pembuluh darah sehingga dapat meningkatkan tekanan darah. Kurang tidur juga dapat memicu terjadinya kekurangan magnesium yang dapat menyebabkan pengerasan dinding pembuluh darah (aterosklerosis). Hal ini berisiko meningkatkan hipertensi, stroke, dan masalah jantung lainnya.

Begadang juga bisa menyebabkan diabetes. Karena kurang tidur menyebabkan tubuh resisten terhadap insulin yang dapat meningkatkan hormon stres kortisol dan tidak bisa menyerap sisa gula. Akibatnya, kandungan gula dalam darah meningkat. Hati-hati juga, begadang terlalu sering dapat meningkatkan nafsu makan karena meningkatkan pelepasan hormon lapar ghrelin. Apabila terus-menerus, hal tersebut dapat memicu obesitas.

Untuk kamu yang punya kebiasaan bedagang, sebaiknya kebiasaan ini kamu kurangi. Berikut ini, ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengurangi kebiasaan begadang kamu.

1. Buat suasana kamar yang nyaman, misalnya mematikan lampu kamar atau memasang lampu tidur. Jauhkan diri dari gadget atau TV karena dapat mengganggu tidur kamu.

2. Apabila belum juga mengantuk, akukan kegiatan rileks yang dapat merangsang kantuk seperti membaca buku, mendengarkan musik, dll.

3. Perhatikan asupan gizi harian, konsumsi buah dan sayuran setiap hari. Jangan lupa untuk selaku minum air putih 8 gelas per hari untuk mencegah dehidrasi.

4. Jika kamu juga senang tidur siang, sebaiknya jangan tidur diatas jam 3 sore. Waktu tidur yang terlalu sore membuat kita menjadi lebih segar saat malam.

5. Pastikan untuk mendapat waktu istirahat yang cukup setiap harinya dengan berusaha bangun dan tidur pada waktu yang sama.

6. Hindari beraktivitas fisik yang berat sebelum tidur, tetapi jika memang ingin, lakukan 2-3 jam sebelum waktu tidur.

7. Hindari mengonsumsi kafein seperti kopi dan teh. Kafein dapat memperlambat jam internal tubuh dan membuat sulit tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *